Home Artikel Cara Memasang Wifi Di Rumah Unlimited, Ini Dia Langkah & Harganya

Cara Memasang Wifi Di Rumah Unlimited, Ini Dia Langkah & Harganya

by

Memasang wifi di rumah saat ini menjadi kebutuhan tersendiri, selain tidak perlu repot-repot pergi ke coffie shop untuk mencari wifi gratis, kita juga bisa leluasa memakai wifi sesuka hati.

Kadang-kadang memang bila pergi mencari wifi gratis, terkena FUP yang berarti meskipun gratis tidak benar-benar unlimited. Ini sangat mengganggu sekali bila kita ingin mendownload file yang ukurannya besar-besar.

Perlu kamu ketahui bahwa memasang wifi memiliki prosedur dan langkah-langkah yang harus di ikuti.

Mulai dari memilih layanan ISP, jangkau wilayah, kesesuaian budget, dll. Nah, sebelum masuk ke pembahasan cara memasang wifi,  berikut ini tips memilih layanan wifi di rumah.

Tips Memilih Layanan Wifi Provider

1. Cakupan wilayah

Tidak semua provider wifi memiliki cakupan wilayah yang luas. Saat ini yang bisa mengcover hampir semua wilayah di Indonesia hanya Indihome.

Nah, untuk provider lain seperti Biznet, MyRepublic, First Media, dll hanya tersedia di beberapa kota besar.

Untuk dapat melihat cakupan wilayah silahkan kunjungi saja pada website pada masing-masing provider.

2. Harga dan Benefit

Sebelum memutuskan untuk memasang wifi pastikan harganya cukup untuk biaya bulanan yang kalian mampu.

Iya, karena harga paket harus di bayarkan setiap bulannya tidak seperti paket data seluler yang bisa dibeli setiap harinya.

Selain harus menentukan harga juga, harus diperhatikan benefit yang ditawarkan. Misalnya selain internet mendapatkan add on telepon dan TV kabel, atau bebas biaya sewa perangkatnya.

Itu semua harus diperhatikan.

3. Kecepatan internet

Tentu yang menjadi alasan orang untuk memasang wifi adalah kecepatan internet yang di tawarkan. Biasanya tersedia kecepatan antara 75 Mbps untuk varian paket minimum, dan ada pula hingga kecepatan 250 Mbps untuk paket lainnya.

Pastikan untuk memilih kecepatan yang kamu inginkan agar tidak mubazir.

4. Memiliki batas FUP / unlimited

Selain pada harga, benefit, dan kecepatan, apakah layanan tersebut memberikan FUP (batas bandwidth) yang harus di patuhi. Jika memiliki FUP pastinya ini akan sangat menyusahkan kita sebagai pengguna.

Karena jika memang dipergunakan untuk membuka warung kopi, ini akan memakan sangat banyak sekali bandwidth.

Jadi pastikan untuk memilih layanan yang unlimited.

5. Layanan service

Layanan merupakan hal yang paling penting ketika memutuskan untuk menggunakan provider wifi.

Misalnya keterbukaan antara koneksi yang sering macet, mereka dapat langsung memperbaiki apa yang menjadi keluhan pengguna.

Jika memang service / layanannya sangat mengecewakan lebih baik tinggalkan saja.

Tidak sedikit orang yang kecewa dengan layanan provider wifi di Indonesia yang padahal merupakan provider terbesar saat ini.

Untuk kali ini akan kami berikan contoh cara memasang wifi di rumah degan provider Indihome. Sebanarnya cara dan syaratnya sama saja dengan provider lainnya.

Cara Memasang Wifi di Rumah

1. Cari lokasi terkekat center Indihome.

Lokasi Indihome
Lokasi Indihome

2. Disini mungkin kalian akan mendapatkan nomor antrian seperti yang dilakukan ketika mendaftar nomor rekening di Bank (nanti ada satpam yang bakalan mengarahkan).

3. Jika sudah datang ke kantor Indihome, bilang saja ingin memasang internet.

4. Disini ada beberapa syarat yang harus di penuhi harus membawa KTP dan uang.

5. Isi formulir pendaftaran, nanti akan diberikan formulir untuk kalian isi (tidak usah malu untuk bertanya jika tidak tahu apa-apa tanyakan saja).

6. Setelah isi formulir mengenai Nama, Alamat, Nomor HP, dll. Kamu harus membayar sesuai layanan yang kamu pilih (siapkan uang 150 ribu sudah cukup, jika untuk kekawatiran hal yang lain lebih baik bawa uang 1 juta).

Paket Gamer Indihome
Paket gamer Indihome

7. Kemudian kalian di suruh menunggu 2 hari hingga teknisi datang untuk memasang internet.

8. Nanti akan diberitahu oleh teknisi, cara kerja dan pengoperasian perangkat CPE / ONT.

9. Selesai.

Cara memasang wifi sendiri di rumah sangat mudah sekali. Ini juga berlaku jika kamu ingin memasang dari provider lain seperti Biznet, Fisrt Media, MyRepublic, dll. Sebenarnya tanpa harus datang ke center service bisa dilakukan melalui website, namun ini kurang bagus karena akan lama sekali prosesnya. Lebih baik untuk disarankan datang langsung saja ke kantor Indihome.

Related Articles

Leave a Comment