Home Tips & Trik [100% Work] Cara Memblokir Pengguna Wifi yang Suka Nyolong

[100% Work] Cara Memblokir Pengguna Wifi yang Suka Nyolong

by

Seringkali ketika kita memasang wifi di rumah pasti ada device yang tidak di ketahui tiba-tiba tersambung ke wifi kita. Memblokir pengguna wifi yang suka mencuri internet dilakukan semata-mata bukan bermaksud pelit, tetapi untuk meningkatkan kinerja internet supaya tidak lemot.

Sudah diberi password tapi masih aja ada yang berhasil bobol wifi kita. Nah, disini gunanya untuk melakukan blokir kepada perangkat nakal yang suka tersambung tanpa izin.

Ini sangat cocok sekali digunakan oleh kalian yang memiliki akses internet wifi rumahan atau misalnya pemilik kafe.

Kali ini kita akan memblokir pengguna wifi di Indihome fiber modem Huawei HG8245A. Namun bisa juga digunakan untuk modem yang lainnya seperti Huawei HG8245H, ZTE F609, ZTE F660, dan lainnya bawaan dari Indihome.

Cara memblokir pengguna wifi indihome ZTE

Oke kali ini yang saya gunakan modem ZTE bawaan dari Indihome yang dua bulan kemarin terpasang di rumah.

1. Buka browser (pake laptop / hp bisa) dan di address bar masukkan IP address modem 192.168.1.1 atau 192.168.100.1, lalu tekan Enter.

2. Setelah itu masukkan Username dan Password Telkom, jika masih default gunakan admin untuk username dan password.

3. Klik pada User Device Information > masuk ke tab Status > disana akan terlihat MAC Address yang terhubung dengan wifi kita. Pilih user mana yang ingin kalian blok.

Status mac address

4. Masuk ke tab Security dan klik pada WLAN MAC Filter Configuration di pojok bar kiri. Klik pada menu New di sebelah menu Delete.

WLAN Mac Filter Modem Huawei

5. Masukkan Mac Address yang akan kita blokir pada kontak yang disediakan. Masukkan pada kolom Source MAC Address dan klik Apply untuk menguncinya.

Blokir penggunan wifi indihome 1

6. Maka MAC Address device yang kita ingin blokir sekarang masuk keda daftar blacklist.

7. Selesai.

Cara ini sangat mudah sekali, namun untuk tipe modem yang lain akan memiliki tampilan yang berbeda. Kurang lebih caranya sama kok ketika ingin memblokir pengguna wifi yang menerobos masuk ke jaringan wifi indihome kita.

Cara memblokir pengguna wifi di HP

Untuk mengetahui siapa yang menggunakan Wifi kita, hal pertama yang perlu dilakukan adalah memastikan anda terhubung ke jaringan Wi-Fi yang ingin anda pantau. Selanjutnya, unduh aplikasi pemantauan jaringan Fing dari Play Store.

Setelah mengunduh aplikasi, buka aplikasi itu, dan akan melihat nama jaringan di layar beranda, bersama dengan tombol Refresh dan Settings. Untuk melihat semua perangkat yang terhubung ke jaringan Wi-Fi anda, ketuk Refresh.

Lalu ketuk device mana yang masuk tanpa izin, lalu ikuti langkah berikut untuk memblokirnya.

Jika salah satu perangkat yang terhubung ke jaringan anda yang tidak dikenal atau mencurigakan, anda dapat memblokirnya selamanya. Fing akan memperlihatkan MAC address dari setiap perangkat yang terhubung ke jaringan anda (nomor tersebut akan mengikuti format ini dan terdiri dari angka dan huruf: ‘xx: xx: xx: xx: xx: xx:’).

Memblokir penggunan wifi di hp

1. Download aplikasi Fing di Playstore.

2. Arahkan ke tab Perangkat (di bagian atas layar).

3. Klik perangkat yang ingin anda blokir.

4. Ini akan memperluas Detail Perangkat. Gulir ke bawah ke bagian “Manage this device” dan klik di Block Device.

5. Konfirmasikan bahwa anda ingin memblokir perangkat yang masuk tanpa izin.

6. Selesai.

Pada beberapa device mobile sebenarnya tidak memerlukan bantuan aplikasi dari pihak ketiga. Cukup melakukan konfigurasi pada pengaturan Hotspot sudah dapat memblokir pengguna wifi yang masuk tanpa izin.

Biasanya yang mendukung konfigurasi lebih rinci ada pada smartphone yang sudah mendukung OS Android Marshmallow.

Oke, semoga membantu teman-teman yang wifinya suka dicuri oleh orang lain.

Related Articles

Leave a Comment