Home Tips & Trik Cara Mengganti Background Foto dengan Microsoft Paint

Cara Mengganti Background Foto dengan Microsoft Paint

by

Mengganti background foto di Paint biasanya untuk merubah latar foto KTP. Kalau misalnya kamu ingin melamar pekerjaan dan foto kamu padahal background harusnya merah tetapi di situ biru, jadi kamu harus menggantinya. Background merah biasanya digunakan oleh orang yang lahir pada tahun ganjil dan biru orang yang lahir di tahun genap.

Misalnya orang yang lahir pada tahun 1995,1997,1999, maka background mereka merah, dan untuk biru mereka yang lahir pada tahun genap antara tahun 1980, 1982, 1984, dan seterusnya.

Bila menggunakan Photoshop memang sedikit susah untuk orang awam, namun bagi yang sudah expert mengganti background foto itu adalah hal yang mudah, bahkan tidak perlu memakai Photoshop menggunakan software Paint bawaan Windows saja sudah cukup.

Nah, kali ini buat kamu yang tidak mau ribet dengan cara merubah background foto di Paint bisa mengikuti tutorial di bawah ini.

Cara mengganti background foto dengan paint
By Bayu_Fiwka

Microsoft Paint

Microsoft Paint adalah software pengeditan foto paling mudah yang sudah ditambahkan di setiap  versi windows. Aplikasi ini hanya menyediakan fitur pengeditan foto dasar seperti mengubah ukuran foto, mengganti background foto, menambah text, dan lainnya. Kemudahan dan kecepatannya dinyatakan sebagai salah satu aplikasi yang dikagumi  di setiap OS Windows. Untuk menghapus background foto menggunakan Microsoft Paint, kamu harus mengerti terlebih dahulu, ini hanya mendukung format BMP, JPEG dan GIF.

Cara Mengganti Background Foto dengan Microsoft Paint

  1. Buka aplikasi MS. Paint di komputer, lalu klik pada tombol di pojok kiri (drop-down) dan buka file foto yang ingin diganti backgroundnya.
cara mengganti background foto dengan paint 1
  1. Klik pada bagian Tools dan pilih Fill With Color (icon cat tumpah).
  2. Pilih warna yang kamu inginkan dibagian color 1.
cara mengganti background foto dengan paint 2
  1. Klik pada area biru yang ingin diganti warnanya, secara otomatis warna akan berubah.
  2. Jika memiliki sisa-sisa warna yang belum terblokir, gunakan Brushes dipilih AirBrush.
  3. Semprotkan di bagian warna yang tidak berubah tadi.
  4. Selesai.

Catatan

Kamu juga bisa menggunakan tombol Select dan memilih menggunakan Free-form Selection. Namun, cara ini sedikit merepotkan karena harus menyeleksi bagian sedikit dengan sedikit, dan membutuhkan waktu yang lama. Bila kamu menggunakan cara di atas akan ada bagian-bagian kecil yang tidak terblok oleh warna yang baru, untuk itu kamu bisa manual dengan menggunakan fitur tools AirBrush.

Sebenarnya cara termudah kamu bisa menggunakan Photoshop untuk merubah background dengan mudah dan lebih cepat.

Related Articles

Leave a Comment