Home Tips & Trik [Lengkap] Cara Menggunakan VPN di PC Windows 7/8/10

[Lengkap] Cara Menggunakan VPN di PC Windows 7/8/10

by

Menggunakan VPN sangat banyak sekali manfaatnya selain bisa membuka akses situs yang di blokir oleh pemerintah, menggunakan VPN di PC Windows juga dapat memberikan IP address baru untuk pengguna sehingga alamat kita yang asli disembunyikan.

Jika hanya untuk membuka situs yang di blokir bisa juga menggunakan Simple DNSCrypt, malahan lebih enak ini ketimbang menggunakan VPN, koneksi masih tetap stabil bawaan dari provider kita.

Tetapi jika ingin mengubah alamat IP address Indonesia menjadi IP address USA diperlukan VPN.

Ada dua tipe VPN, berbayar dan gratis. Jika berbayar ini biasanya akan dikenai biaya tiap bulannya. Untuk yang gratis memiliki resiko seperti batas bandwidth, kecepatan, dan adanya iklan.

Apa itu VPN?

Virtual Private Network adalah jaringan yang terenkripsi antara perangkat anda dan server pribadi, menyembunyikan lalu lintas anda agar tidak terlihat oleh orang lain.

Baik menggunakan VPN di PC Windows 7, 8, atau 10 sama saja. Hanya perlu beberapa konfigurasi yang haus dijalankan dan kemudian bisa menggunakan VPN secara gratis tanpa harus dikenai biaya.

Karena ada banyak sekali VPN kita sarankan untuk melihat VPN premium gratis selamanya yang sudah kita list sebelumnya.

Menggunakan VPN di browser Google Chrome

1. Buka browser Google Chrome.

2. Langsung kunjungi saja alamat extension. Copy dan paste di address bar.

https://chrome.google.com/webstore/category/extensions?hl=en-US

3. Cari hotspot shield di kotak pencarian pojok kiri atas.

Instal VPN di Browser

4. Lalu klik add to chrome.

Add extension

5. Tunggu hingga proses instalasi selesai.

6. Aktifkan VPN dengan menekan ikon yang berada pada menu bar sebelah kanan.

7. Selesai.

Menggunakan VPN aplikasi di Windows 10

Aplikasi yang digunakan kali ini Hotspot Shield yang merupakan VPN terbaik menurut kita saat ini. Meskipun ada batas kecepatan dan bandwidth tetapi sangat puas sekali dengan kualitas yang diberikan.

1. Download terlebih dahulu aplikasi VPN di sini.

https://www.hotspotshield.com/vpn/vpn-for-windows/

2. Instal Hotspot Shield.exe yang sudah di download seperti biasa.

3. Ikuti saja proses penginstalan hingga selesai.

4. Ketika diminta untuk register, kalian bisa register seperti biasa. Masukkan email dan password, lalu klik register.

5. Nanti akan keluar tampilan semacam ini ketika berhasil konek.

Tampilan Hotspot Shield 1

Menggunakan VPN berbayar di Windows 10

Jika menggunakan yang berbayar kita sarankan untuk membelinya di penyedia terpercaya terlebih dahulu. Dimanapun itu yang penting murah ya, cari yang biaya bulanan tidak sampai lebih dari $5.

Ketika sudah membeli VPN kita akan mendapatkan username dan password yang nanti di masukkan pada VPN connection windows 10.

Berikut ini cara menggunakannya.

1. Ketik VPN di pencarian windows pojok kiri.

2. Klik langsung VPN dan ketuk tombol “+”, lalu akan di bawah ke menu Add a VPN connection.

Menggunakan VPN berbayar

3. Pada layar yang terlihat, masukkan detail untuk koneksi VPN. Di bawah “VPN provider” klik pada menu drop-down, dan pilih Windows (built-in). Ini juga akan mengubah “tipe VPN” menjadi Otomatis, dan “Type of sign-in info” menjadi username dan password.

4. Selanjutnya isi “Connection name” dan “Server name or address”. Ini berbeda-beda berdasarkan penyedia VPN yang anda gunakan.

5. Gulir ke bawah dan anda akan melihat tempat untuk memasukkan username dan password VPN, sekali lagi disediakan oleh layanan VPN anda. Setelah informasi dimasukkan, klik Save, dan tutup aplikasi Settings.

6. Setelah tahap ini, anda bisa mengkoneksikan wifi, dan secara otomatis ketika wifi konek anda akan menggunakan VPN.

Wifi connection

Note: Ketika menggunakan VPN anda harus tahu resiko apa yang akan anda dapatkan. Terlebih lagi jika menggunakan VPN gratisan, mereka bisa mencuri data yang anda miliki ketika anda terkoneksi dengan VPN tersebut. Jadi pilihlah VPN yang sudah di rekomendasikan di dalam situs ini, karena sudah di test dan 100% aman.

Nah, itu dia cara untuk menggunakan VPN di Windows 10, 8, dan 7. Untuk tutorial menggunakan VPN di Windows 8 dan 7 sebenarnya sama saja, anda hanya perlu mengetikkan “VPN” di taskbar pencarian dan memasukkan beberapa informasi yang anda dapatkan dari penyedia VPN.

Jika menggunakan VPN gratis seperti Hotspot Shield, Psiphon, Hide.me VPN, dan lainnya hanya perlu instal aplikasinya saja. Dan bisa langsung internetan dengan VPN.

Related Articles

Leave a Comment