Cara Menggunakan Wifi Repeater atau Extender

Menggunakan wifi repeater atau extender bertujuan untuk memperkuat dan memperluas sinyal wifi Indihome, Biznet, My Republic, atau provider lainnya. Tujuan dari menggunakan wifi repeater ini adalah ketika jangkau wifi tidak sampai pada area tertentu. Cara kerjanya hampir mirip seperti router, tapi wifi repeater hanya untuk memperluas jaringan saja dan fiturnya tidak lengkap seperti router.

Entah menyebutnya wifi repeater atau extender sama saja, yang penting bisa memperluas sinyal wifi. Menggunakan Wifi repeater tidak sulit seperti apa yang terpikirkan, memang itu akan sangat awam untuk sebagian orang, tapi jika sudah paham tentang teknologi atau teknis tentang komputer dan jaringan hal seperti ini sangat gampang untuk diatasi.

Fungsi wifi repeater

Wifi repeater berfungsi untuk memancarkan kembali sinyal agar lebih luas dari router asalnya. Jadi dapat dikatakan fungsi utama wifi repeater adalah sebagai alat penerima sekaligus pemancar kembali sebuah sinyal internet. Dalam beberapa kasus meskipun menggunakan wifi repeater terbaik penurunan kecepatan akan terjadi. Namun, bukan menjadi masalah yang besar, karena kamu tetap bisa akses internet.

Dalam tutorial ini kita akan memakai merk wifi extender dari Xiaomi Wifi Extender Pro. Dan berikut cara menggunakan wifi repeater:

Cara menggunakan Xiaomi Wifi Extender Pro

1. Download aplikasi Mi Home terbaru di Play Store.

2. Buka aplikasi tersebut dan kamu akan diarahkan ke menu setting Mi Home lalu klik Setuju dan Lanjutkan.

3. Selanjutnya pilih wilayah yang digunakan untuk konfigurasi dengan mencarinya di address bar pencarian masukkan negara “Tiongkok”.

4. Akan tampil sebuah permintaan untuk mengakses beberapa hak penggunaan dalam ponsel. Pilih saja semua dan klik Selanjutnya.

5. Muncul pop up pemberitahuan akses klik Izinkan.

6. Masukkan nomor telepon dan kode verifikasi jika kamu sudah punya aku Mi.

7. Jika belum kamu bisa mendaftar dengan klik arahan pada aplikasi, kalau sudah kamu bisa login dan dengan email dan password yang kamu gunakan untuk mendaftar sebelumnya.

8. Lalu akan muncul perangkat sinyal wifi dari Wifi Extender Xiaomi, klik dan kamu akan dibawa ke jendela baru.

9. Lalu klik pada ikon (+) pada pojok kanan atas.

10. Dibawah ini tampilan wifi yang dari Router ke Wifi extender sudah terkoneksi. Kamu bisa langsung memasukkan kata sandi yang kamu inginkan untuk memulai menggunakan wifi extender.

11. Tunggu hingga konfigurasi selesai.

12. Koneksikan HP atau laptop dengan wifi extender pada sinyal wifi dengan keterangan Nama akses Wifi (router) dan diakhiri tulisan _plus (ini merupakan sinyal wifi extender).

Rekomendasi wifi repeater terbaik:

  • Wifi repeater Xiaomi Pro
  • Wifi Repeater PIX-LINK
  • Wifi repeater Tenda

Wifi Repeater Xiaomi Pro diatas dijual dengan harga yang bervariasi kurang lebih harganya 150-200 ribu rupiah. Kamu bisa membelinya di Tokopedia atau Shopee lalu pilih wifi extender yang kamu inginkan.

Menggunakan Wifi Extender akan menurunkan kecepatan awal dari router, misalnya kamu memiliki kecepatan yang berasal dari provider internet rumah seperti Biznet atau Indihome dengan kecepatan 20 Mbps maka ketika menggunakan wifi extender tersebut akan turun menjadi 15 Mbps.

Wifi Extender Pro dari Xiaomi sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia karena konfigurasi yang sangat mudah tinggal plug in saja dan koneksikan ke Mi home kamu bisa langsung terhubung dengan Wifi Extender.

Repeater wifi diatas bisa digunakan untuk indihome, Biznet, My Republic, dan beberapa provider internet yang ada di Indonesia.

Leave a Comment

close