close

Asus Vivobook Ultra A412 Review dan Update Harga 2021

Asus Vivobook Ultra A412 laptop modern dan slim yang pas untuk anak muda jaman sekarang. Desain sangat minimalis dan terdapat banyak pilihan varian warna sehingga kamu bisa mengekspresikan diri melalui laptop yang dirilis tahun 2019 ini.

Selain varian warna kamu juga akan disediakan berbagai pilihan prosesor sehingga kamu dapat menyesuaikan budget yang kamu miliki.

Entah kenapa banyak brand yang selalu memberi variasi pada model laptop. Misalnya Asus Vivobook Ultra A412 dengan prosesor Intel Pentium Gold 5405U hingga Intel Core i7-10510U bisa kamu pilih.

Selain varian dari prosesor Intel Asus Vivobook Ultra A412 juga menyediakan laptop yang menggunakan prosesor dari AMD mulai dari spek rendah seperti Athlon hingga Ryzen 7 3000 series.

Nah, untuk VGA card sendiri juga bervariasi kamu bisa memilih sesuai dengan spek yang kamu inginkan.

Simak review Asus Vivobook Ultra A412 yang lebih detail di bawah ini.

Asus Vivobook Ultra A412

Desain dan Tampilan Asus Vivobook Ultra A412

Sepertinya kamu akan tercengang jika melihat detail Asus Vivobook Ultra A412 yang menawarkan desain dan tampilan yang sangat elegan dan minimalis.

Seperti yang sudah kita singgung pada cuplikan di atas bahwa Asus menawarkan berbagai varian warna yang terdiri dari Transparent Silver, Slate Grey, Peacock Blue, Coral Crush, dan Silver.

Tapi tidak hanya itu untuk saja karena Vivobook Ultra A412 memiliki layar NanoEdge empat sisi tanpa bingkai yang baru menawarkan bezel ultra tipis 5,7mm, memberikan rasio layar-ke-tubuh 87% yang luar biasa untuk visual yang sangat imersif.

Memiliki desain ErgoLift yang dapat memiringkan keyboard ke atas agar kegiatan mengetik lebih nyaman.

Bahkan dengan bezel ultra tipis, kamera HD yang menawan diakomodasi di bezel atas untuk Video Call dengan keluarga dan teman di dunia maya.

Memiliki 32.20 x 21.20 x 1.99 sehingga tampilan terlihat tipis dan berat 1.5 kg yang pada dasarnya bobot tersebut dikatakan level bobot medium.

Di sebelah kanan terdapat port USB 2.0, pembaca kartu micro SD, dan LED baterai. Untuk sebelah kiri terdapat port charging, HDMI, USB type-C, USB 3.1, dan 3.5mm Combo Audio Jack.

Ukuran layar laptop ini 14 inci dengan varian resolusi mulai dari HD-FHD dengan dukungan Anti-glare display, LED Backlit, 200 nits, dan Rasio layar-ke-tubuh: 87%.

Secara keseluruhan untuk desain dan tampilan tidak ada masalah.

Performa Asus Vivobook Ultra A412

Jelas bukan lagi laptop kaleng-kaleng karena harga Asus Vivobook Ultra A412 dengan prosesor Intel Core i3-8130U dijual dengan harga Rp 8.924.300.

Dan untuk spek yang lebih tinggi seperti i3-10110U yang merupakan generasi terbaru dari i3 pasti akan lebih mahal. Terlebih lagi untuk Intel core i5 atau i7 harga semakin tinggi.

Disini kamu juga akan dapat memilih antara Intel atau AMD. Untuk AMD sendiri mengusung prosesor minimal AMD Athlon 300U hingga Ryzen 7 3700U.

Walaupun harga lebih murah AMD kita sarankan untuk laptop gunakan saja prosesor dari Intel. Karena untuk saat ini prosesor AMD yang dikhususkan pada penggunaan laptop masih banyak memiliki masalah seperti cepat panas dan crash untuk beberapa software seperti Adobe Premiere Pro.

Untuk kebutuhan ringan seperti membuka MS Word, Excel, dan Power Point tidak pernah terjadi masalah.

Kebutuhan editing mungkin kamu harus menyesuaikan dengan spek yang kamu miliki karena ini fluktuatif jika banyak varian pilihan prosesor dan VGA.

Dengan minimal RAM yang ditawarkan 4GB kita rasa ini sudah cukup bagus. Tapi jika kamu ingin memiliki kapasitas RAM yang lebih tinggi bisa diupgrade ke 16GB RAM.

RAM yang digunakan merupakan tipe DDR4 sehingga bisa diganti sesuai kebutuhan, berbeda jika RAM tersebut adalah tipe LPDDR maka tidak dapat ditambah lagi.

Secara keseluruhan tidak ada masalah sih, harga akan sebanding dengan spek yang diberikan.

Keyboard dan Touchpad

Asus Vivobook Ultra A412 Review

Keyboard terasa nyaman ketika digunakan untuk mengetik, bahkan ngetik sampai beberapa jam jari tidak terasa panas. Karet sangat elastis sehingga ketika ditekan empuk dan ringan di jari.

Font yang digunakan juga besar sehingga kita nampak jelas untuk ukuran mata normal. Sayangnya keyboard tidak memiliki pencahayaan apapun, sehingga kamu harus puas dengan jenis keyboard Chiclet.

Untuk menunjang keamanan laptop terdapat fingerprint pada bagian touchpad yang cukup responsive.

Overall keyboard dan touchpad sangat bisa diandalkan.

Baterai

Baterai sendiri sudah mendukung pengisian daya cepat sehingga kamu tidak perlu lama-lama untuk mengisi bateri ke 100%. Kamu dapat menikmati fast charging dengan teknologi dari ASUS dimana akan mengisi daya 60% dalam waktu 49 menit.

Dan untuk optimalkan produktivitas sehari-hari laptop ini dibekali jenis 2S1P, Li-ion 2 sel yang akan bertahan lebih lama hingga 3 kali lipat dari baterai biasanya.

Sumber daya yang dibutuhkan AC 45W dengan input 100~ 240V yang jadi output 19V DC.

Kelebihan dan Kekurangan Asus Vivobook Ultra A412

Terdapat beberapa hal yang menjadi inti baik dan buruk dari laptop, berikut ini kita jabarkan untuk seri Asus Vivobook Ultra A412.

Kelebihan

  • Terdapat variasi spesifikasi dari prosesor, VGA, dan RAM
  • Dukungan tanpa OS
  • Desain tipis dan minimalis
  • RAM dapat ditingkatkan
  • Keyboard yang nyaman

Kekurangan

  • Keyboard belum LED

Intinya

Jika kamu ingin membeli laptop dengan budget yang pas dan memiliki spek yang tinggi bisa memilih untuk memakai Asus Vivobook Ultra A412 dengan prosesor Intel Core i5 i5-10210U yang kurang lebih bekisar harga 15 jutaan.

Untuk spesifikasi dibawah itu akan lebih murah lagi.

Laptop ini sangat layak untuk kamu miliki karena melihat dari sisi desain dan tampilan serta performa dapat diandalkan.

Leave a Comment