Home Microsoft Word Tutorial Cara Membuat ID Card dengan Microsoft Word Terbaru 2020

Tutorial Cara Membuat ID Card dengan Microsoft Word Terbaru 2020

by

Membuat ID Card atau kartu nama biasanya digunakan untuk tanda anggota dari sebuah badan / instansi. Selain itu ID Card juga bisa digunakan untuk personalitas sebagai tanda pengenal atau sebagai sarana identitas diri. Seperti halnya KTP, ID Card juga hampir sama mulai dari bentuk dan format penulisan yang ada didalamnya.

Membuat ID Card bisa menggunakan banyak software mulai dari Photoshop, Coreldraw, GIMP, dan lainnya. Namun kali ini ada yang berbeda, bahkan dengan software yang umumnya untuk membuat dokumen bisa digunakan sebagai alat pembuat ID Card.

Membuat ID Card dengan Microsoft Word 2016 ternyata lebih mudah jika dibandingkan dengan software editing lainnya. Nah, kamu mau mencoba membuat membuat ID Card sendiri. Sebelum itu persiapkan apa yang kamu butuhkan.

Persiapan

Membuat ID Card tidak sembarangan, jika membuatnya untuk kartu diri sendiri cukup tampilan informasi yang diperlukan. Kalau membuat ID Card sebagai identitas sebuah perusahaan atau instansi tentu perlu sebuah desain ID Card yang bagus. Nah, disini kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan template yang sudah jadi. Kemudian kita hanya perlu mengedit bagian yang harus diberi identitas kita.

Berikut beberapa informasi yang biasanya tertera di ID Card:

  • Nama perusahaan
  • Nama pemilik dan posisi jabatan
  • Logo
  • Kontak (telepon, alamat, dan email)

Jika ruang masih mencukupi bisa memasukan beberapa identitas seperti:

  • Media sosial
  • Slogan
  • Foto, Avatar, atau grafik lainnya.

Cara membuat ID Card dengan Template Word

1. Di dalam MS. Word pilih “File” lalu klik “Create”. Ketikkan di box pencarian “Business Cards”. Lalu kamu akan disediakan banyak template yang memiliki tampilan menarik.

Cara membuat ID Card dengan Template Word

2. Klik pada template yang sesuai dengan kebutuhan. Jendela pop up akan muncul pilih Create untuk menambahkan template ke dalam dokumen.

Cara membuat ID Card dengan Template Word 1

3. Isi template dengan konten:

  • Bagian logo digunakan untuk merubah / memasukkan logo perusahaan. Klik pada Insert > Pictures. Pada pop up jendela aka nada tampilan folder dimana kamu meletakkan logo klik dan add ke template.
Cara membuat ID Card dengan Template Word 2
  • Untuk mengubah text kamu bisa klik saja pada bagian box text. Edit saja sesuai kebutuhan, jika ingin merubah font langsung blok semua dan pilih font yang kamu inginkan.
Cara membuat ID Card dengan Template Word 3

4. Simpan file dalam bentuk dokumen atau PDF.

Cara membuat ID Card manual dengan tabel

1. Buka MS Word dan pilih Tabel.

2. Tetapkan jumlah sel yang ingin kamu masukkan. Karena biasanya satu halaman bisa muat untuk 8 maket, jadi kamu bisa memasukkan 2×4 saja. Masukkan nilainya dan klik OK.

Cara membuat ID Card manual dengan tabel

3. Klik kanan pada tabel dan pilih Properties. Di jendela baru, atur dimensi sel pada 90х50 mm dan klik ikon perataan Center.

Cara membuat ID Card manual dengan tabel 1

4. Pilih Insert > Pictures untuk menambahkan logo, foto, atau gambar lain yang ingin ditambahkan.

Cara membuat ID Card manual dengan tabel 2

5. Tambahkan teks. Pada panel Tools, pilih font dan sesuaikan warnanya.

6. Edit mockup, gunakan mouse untuk menyeret elemen sampai posisinya tepat dibagian dengan benar. Kamu juga dapat mengubah skala elemen ke atas dan ke bawah.

Cara membuat ID Card manual dengan tabel 3

7. Simpan file dalam bentuk pdf atau dokumen dan cetak.

Cara membuat ID Card manual dengan tabel 4

Selain dengan cara diatas kamu bisa menggunakan beberapa template yang sudah jadi dibawah ini.

Template ID Card 1

Download

Template ID Card 2

Download

Template ID Card 3

Download

Template ID Card 4

Download

Template ID Card 5

Download

Catatan

Membuat desain yang bagus membutuhkan waktu dan tenaga. Namun, hanya dengan menggunakan MS Word kamu sudah bisa membuat ID Card sendiri tanpa keluar biaya yang banyak.

Leave a Comment