Home Tips & Trik Cara Memperkuat Sinyal Wifi Indihome (100% Sukses)

Cara Memperkuat Sinyal Wifi Indihome (100% Sukses)

by

Memperkuat sinyal indihome yang lemah di desa agar dapat mengakses internet biasanya harus menggunakan wifi extender.

Berbeda jika kamu ingin menangkap sinyal provider jaringan ponsel seperti XL, Telkomsel, atau Tri harus menggunakan beberapa bahan modifikasi. Misalnya memakai antena bekas televisi, kaleng bekas, atau bahkan parabola bekas.

Untuk sinyal wifi Indihome bagi daerah yang belum tercover biasanya harus mengambil line dari daerah kecamatan ke desa. Karena memang biasanya di desa belum cukup banyak kabel telepon yang menggunakan.

Pada bahasan kali ini, kita hanya akan memperkuat sinyal wifi yang semula mampu mengirimkan sinyal 10 meter sekarang bisa mencapai 25 meter jaraknya. Tapi, sebelum masuk dalam pembahasan bagaimana cara memperkuat sinyal wifi indihome perlu diketahui terlebih dahulu kenapa sinyalnya lemah.

Penyebab sinyal wifi indihome lemah

1. Terhalang dinding

Sebenarnya ini bukan hal yang spesial atau ekslusif jika di bicarakan. Tetapi, pahami bahwa sinyal wifi ketika memancarkan frekuensi mereka membutuhkan medan yang terbuka.

Ketika terhalang dinding secara langsung akan membuat sinyal menjadi lemah, dan yang dapat menerima sinyal hanya mereka yang berada di dekat akses point tersebut.

2. Routernya tidak cukup bagus

Alasan kedua menjadi salah satu alasan klasiknya, ketika kamu memasang wifi dengan router yang tidak cukup bagus membuat cangkupan wilayah tidak bisa menyebar ke area yang lebih luas.

Biasanya memang sepaket dengan ketika kita berlangganan wifi, router sudah disediakan oleh pihak Indihome. Ya, terpaksa harus dengan router yang ada tersebut.

3. Pemilihan paket internet low end

Sama saja dengan ketika kita memiliki FUP pada paket internet provider telepon. Mereka akan menaikkan frekuensi menjadi sangat bagus ketika FUP kalian masih tersisa banyak. Berbeda jika paket internet habis, maka sinyal bar di HP saja bisa berkurang.

Sebenarnya ini merupakan hal yang lumrah yang ada di sebuah biro layanan.

Sama halnya ketika kamu berlangganan paket Indihome, selama 1 bulan tidak akan ada kendala apapun. Namun, ketika memasuki masa di 2-3 bulan akan terasa lemot internetnya.

Jika tidak lemot internetnya, secara tidak langsung provider akan menaikkan tarif layanan.

Oke, kamu tidak usah panik! Memang itu sudah biasa terjadi.

4. Penempatan router salah

Jika kamu ingin sinyal tersebar luas ke area yang dapat dijangkau oleh banyak orang. Tempatkan router di area yang luas / lapang. Ini agar tidak terhalang oleh dinding atau benda lainnya.

Dan pastikan untuk menempatkan di area yang lebih tinggi.

Cara memperkuat sinyal Indihome

Alat apa yang digunakan? Kali ini kita akan menggunakan wifi Ekstender yang bisa teman-teman beli di market online atau bisa juga di toko komputer. Harganya tidak mahal kurang lebih hanya 100 ribu sampai 150 ribuan saja, tentu tergantung kualitas dan merk.

Kita disini menggunakan Xiaomi Mi Wifi Wireless Extender Pro Repeater Amplifier R03 yang bisa di beli dimana saja, lebih bagus jika di Tokopedia.

Xiaomi Mi Wifi Wireless Extender Pro Repeater Amplifier R03

1. Siapkan wifi extender nya.

2. Download apps Mi Home terlebih dahulu.

3. Pilih Region (Negara) mainland China.

4. Silahkan buat akun Mi, gunakan nomor hp atau email (jika menggunakan hp Xiaomi tidak perlu membuat akun Mi Home).

5. Masuk ke Mi Home yang sudah dibuat.

6. Pilih add device.

7. Pilih icon wifi pro.

Catatan:

Pasang wifi extender di antara ruangan yang tidak terjangkau oleh pemancar modem Indihome. Jadi jika modem di lantai pertama kamu bisa memasangnya di tangga, pokoknya sinyal wifi dari modem (ONT) dapat diterima oleh wifi extender lalu hubungkan smartphone ke wifi ekstender.

Kecepatan yang akan kamu terima berkurang 15% dari paket yang terdaftar di indihome, misalnya kamu menggunakan paket 50 Mbps jika disambungkan memakai wifi ekstender akan menjadi berkurang.

Kecepatan Internet dengan Wifi

Berbeda halnya jika teman-teman ingin memperluas jaringan indihome RT RW yang banyak digunakan oleh orang-orang di perumahan atau di kampung. Untuk meringankan beban biaya mereka agar 400 ribu tiap bulan tidak dibayar oleh satu orang, jadi bisa di bagi menjadi beberapa rumah agar ringan. Nah, istilah ini biasa disebut dengan nembak wifi.

Nah, jika wifi lemot atau tiba-tiba ada orang yang suka terhubung dengan wifi kalian dan menghabiskan bandwidth bisa memblokirnya saja.

Ini dimaksudkan bukan karena pelit atau medit, lah kalau tiap hari mereka download film sehari bisa 20 GB ya, mampus dong paket wifi kita. Supaya tetap awet coba blokir saja pengguna wifi yang suka nyolong.

Related Articles

Leave a Comment