5 Cara Mengunci Aplikasi Di iPhone Menjaga Keamanan Dari Tangan Jail

kompunesia – Seperti kalian tahu iPhone merupakan salah satu merek HP yang populer dan memiliki banyak sekali peminatnya. Maka dari itu, sebagai pengguna iPhone, kalian harus tahu cara untuk mengamankan data yang ada di dalamnya termasuk Cara Mengunci Aplikasi di iPhone. Dimana ketika kalian menguncinya hanya dengan kunci layar saja, tidaklah cukuo dan tidak dapat menjamin keamanan data yang kalian miliki.

Keamanan data pada smartphone tentu saja menjadi hal yang sangat penting dan perlu kalian perhatikan. Dimana jika kalian hanya menggunakan kunci pada layar hp saja tidak akan menjamin keamanannya. Karena saat ini sudah banyak orang yang tidak bertanggung jawab mencuri kata sandi atau password yang sudah kalian gunakan. Sehingga mereka dapat memiliki akses masuk untuk membuka aplikasi pada iPhone yang kalian gunakan.

Dengan memiliki akses tersebut dan mereka bisa membuka aplikasi yang ada di dalamnya, tentu saja hal tersebut dapat disalahgunakan dengan tujuan tertentu. Oleh sebab itu, sangat penting sekali bagi kalian yang menggunakan iPhone untuk mengamankan data ataupun aplikasi yang ada di dalamnya. Lalu, bagaimana cara mengunci aplikasi di iPhone? Jika kalian ingin mengetahuinya, pantengin terus artikel ini hingga selesai, karena kita akan membahas semuanya dibawah ini.

Cara Mengunci Aplikasi di Iphone

Cara Mengunci Aplikasi di Iphone

Sebetulnya, cara untuk mengunci aplikasi pada iPhone bisa dilakukan dengan sangat mudah. Dimana kalian bisa memanfaatkan fitur bawaan smartphone atau bisa juga dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Mengunci aplikasi sendiri merupakan sebuah proses untuk membatasi akses atau memblokir sebuah aplikasi agar bisa digunakan ketika membukanya menggunakan sebuah kode atau password.

Tujuan mengunci aplikasi yaitu agar dapat melindungi privasi dan tidak dapat disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Jadi hanya pembuat atau pengguna smartphonenya lah yang bisa mengaksesnya dan orang lain tidak bisa. Untuk cara mengunci aplikasi di iphone, dibawah ini kita akan membagikan beberapa cara yang bisa kalian ikuti ketika ingin melindungi privasi pada hp iPhonenya. Berikut ini ulasannya :

Cara Mengunci Aplikasi dengan Touch ID

Cara Mengunci Aplikasi dengan Touch ID

Cara yang pertama untuk mengunci aplikasi pada iPhone, kalian bisa menggunakan Touch ID. Dimana Touch ID ini adalah sebuah teknologi yang bisa kalian manfaatkan untuk mengamankan privasi pada smartphone yang kalian gunakan khususnya iPhone. Untuk penggunaannya sendiri, Touch ID ini memiliki metode dengan menggunakan sidik jari. Untuk cara mengunci aplikasi di iPhone menggunakan Touch ID, kalian bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini :

  1. Pertama, silahkan kalian membuka menu Pengaturan/ Setting pada iPhone masing-masing.
  2. Lalu kemudian, kalian pilih opsi Touch ID dan Password.
  3. Selanjutnya, silahkan kalian masukkan kata sandi jika diperlukan.
  4. Langsung saja kalian pilih aplikasi yang ingin di privasi atau dilindungi dengan Touch ID.
  5. Untuk mengaktifkan privasi tersebut, kalian akan diminta untuk menambahkan beberapa sidik jari agar keamanan semakin kuat.
  6. Jika sudah mengikuti semua intruksinya, maka kalian bisa masuk kembali ke menu Pengaturan > Passcode & Touch ID.
  7. Silahkan kalian aktifkan Passcode & Touch ID untuk aplikasi yang ingin dilindungi.

Note : Cara yang pertama ini hanya bisa kalian gunakan untuk pengguna iPhone 8 ke bawah. Jadi untuk kalian yang memiliki iPhone X ke atas, bisa menggunakan cara yang lainnya.

Cara Mengunci Aplikasi dengan Face ID

Cara Mengunci Aplikasi dengan Face ID

Saat ini Apple telah meluncurkan teknologi baru yaitu Face ID, dimana teknologi tersebut bisa kalian temukan pada seri iPhone 7 ke atas. Fitur yang dimilikinya tidak jauh berbeda dengan Touch ID, yang mana kalian dapat mengakses iPhone melalui screening wajah. Pasalnya di dalamnya kalian akan menemukan sistem yang bernama modern TrueDepth dengan fungsi dapat mengenali wajah secara akurat.

Face ID ini tidak hanya digunakan untuk mengunci layar iPhone saja, dimana kalian juga bisa mengunci aplikasi yang ada di dalamnya dengan mudah. Lalu bagaimana cara mengunci aplikasi di iPhone dengan menggunakan Face ID? Simak langsung caranya pada ulasan dibawah ini.

  1. Langkah pertama, membuka Aplikasi Pengaturan di iPhone yang dimiliki.
  2. Selanjutnya, pilih opsi Akun lalu pilih Privasi.
  3. Halaman berikutnya akan dimunculkan dan silahkan kalian scroll ke bawah hingga menemukan Kunci Layar, lalu klik.
  4. Berikutnya, kalian pilih Face ID.
  5. Lalu, kalian bisa langsung pilih aplikasi yang ingin dikunci menggunakan Face ID.

Jika pengaturan Face ID tersebut masih belum berhasil, kalian harus masuk ke dalam aplikasinya. Kemudian, kalian dapat mengatur langsung pada sistem keamanan aplikasinya secara manual.

Cara Mengunci Aplikasi dengan Fitur Restrictions

Cara Mengunci Aplikasi dengan Fitur Restrictions

Selain bisa menggunakan Touch ID dan Face ID, kalian juga bisa menggunakan cara lainnya untuk mengunci aplikasi pada iPhone dengan fitur restrictions. Ini merupakan sebuah menu khusus pada iPhone yang bisa kalian manfaatkan untuk mengatur privasi atau memberikan batasan penggunaan pada aplikasi yang ada di iPhone. Untuk cara mengunci aplikasi di iPhone menggunakan fitur Restrictions, bisa ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Pertama-tama kalian bisa menu Setting/ Pengaturan.
  2. Kemudian, di halaman tersebut silahkan kalian pilih opsi General.
  3. Setelah itu, lanjut kalian pilih Restrictions lalu silahkan kalian aktifkan.
  4. Selanjutnya, setelah mengaktifkan Restrictions bisa lanjut kalian pilih Enable Restrictions. Setelah itu, kalian akan diminta untuk memasukkan Passcode.
  5. Setelah mengikuti semua intruksinya, kalian dapat memilih aplikasi apa saja yang akan dikunci untuk melindungi privasi pada penggunaan iPhone.

Cara Mengunci Aplikasi dengan AppLocker

Cara Mengunci Aplikasi dengan AppLocker

Masih ada cara lainnya yang bisa kalian gunakan untuk mengunci aplikasi di iPhone yaitu dengan menggunakan aplikasi tambahan seperti AppLocker. Untuk mendapatkan aplikasi ini, kalian bisa download langsung melalui Appstore di hp masing-masing. Jika aplikasinya telah terinstall, maka kalian bisa ikuti panduan dibawah ini untuk mengetahui cara mengunci aplikasi di iPhone dengan AppLocker, sebagai berikut :

  1. Silahkan langsung saja buka aplikasi AppLocker.
  2. Kemudian, kalian pilih opsi Menu Settings lalu klik tombol On.
  3. Kalian akan langsung diminta untuk membuat kata sandi untuk keamanan mengunci aplikasi yang diinginkan.
  4. Selanjutnya, kalian dapat pilih folder, file, foto ataupun aplikasi yang akan di kunci untuk kemananan privasi kalian.
  5. Selesai.

Cara Mengunci Aplikasi dengan iProtect

Cara Mengunci Aplikasi dengan AppLocker

Inilah cara terakhir yang bisa kalian gunakan untuk mengunci aplikasi di iPhone yaitu menggunakan iProtect. Akan tetapi penting untuk kalian tahu, dimana iProtect ini tidak dapat kalian temukan pada App Store. Kalian bisa dapatkan aplikasinya melalui platform Cydia, jika sudah mengunduhnya kalian bisa ikuti tutorial penggunaannya sebagai berikut :

  1. Setelah berhasil mengunduhnya, silahkan kalian buka aplikasi iProtect.
  2. Kemudian, kalian bisa tentukan jenis kunci yang akan digunakan untuk mengunci aplikasi yang diinginkan. Dimana kalian dapat menggunakan kata sandi atau sidik jari.
  3. Setelah menentukan passcodenya, kalian bisa memilih aplikasi mana saja yang akan dikunci dan diberikan keamanan privasi.
  4. Lalu berikutnya, silahkan kalian tekan Save.
  5. Selesai.

Penutup

Itulah kelima cara mengunci aplikasi di iPhone yang bisa kalian gunakan agar keamanan data atau aplikasi pada iPhone terlindungi. Semoga artikel ini dapat membantu kalian yang sedang mencari cara untuk mengunci aplikasi pada iPhone yang dimiliki. Terimakasih dan semoga ulasan ini bermanfaat.

Tinggalkan komentar

Eksplorasi konten lain dari Kompunesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca