Home Software 8 Video Player Terbaik PC Ringan Windows 7, 8, 10

8 Video Player Terbaik PC Ringan Windows 7, 8, 10

by

Memutar video di PC / Laptop jika menggunakan bawaan windows terasa kurang nyaman. Itulah mengapa banyak orang yang mencari alternatif lain, pemutar video selain bawaan dari Windows.

Karena memang fiturnya sangat terbatas banyak yang mencari video player terbaik pc dengan kualitas ringan yang bisa menampilkan subtitle, setting layar lebar, dan bahkan bisa multifungsi untuk memutar musik.

Aplikasi video player terbaik yang ada di PC biasanya difungsikan untuk memutar video berformat MKV, AVI, MP4, MOV, FLV, dan yang lainnya.

8 Video Player Terbaik PC Ringan Windows 7, 8, 10

1. K-Lite Codec Pack

K-Lite-Codec-Pack
K-Lite-Codec-Pack

Ini mungkin bukan salah satu video player tetapi ini adalah kumpulan codec video dan audio untuk sistem operasi Windows DirectShow.

Pada software ini memungkinan penggunan untuk memainkan berbagai format audio dan video yang pada dasarnya tidak didukung oleh sistem operasi Windows.

Didalam paket Codec K-Lite juga mencakup beberapa alat terkait, termasuk Media Player Classic Home Cinema (MPC-HC) yang saat ini dihentikan pengembangannya, Media Info Lite, dan Codec Tweak Tool.

Selain itu, K-Lite menambahkan codec Video untuk Windows (VFW) dan filter DirectShow ke dalam sistem, sehingga pemutar berbasis DirectShow / VFW seperti MPC, Windows Media Player, dan Winamp akan menggunakannya secara otomatis.

Ada beberapa jenis paket yang disediakan diantaranya Basic, Standart, Full, dan Mega.

Dimana pada setiap paket memiliki kelas fitur yang berbeda.

Jadi jika ingin download perhatikan terlebih dahulu paket yang akan di unduh.

2. KMPlayer

KMPlayer
KMPlayer

KMPlayer merupakan pemutar video Windows yang mendukung sistem 32 bit / 64 bit gratis yang memiliki dukungan untuk memutar hampir semua file video dan audio. Memiliki codec inbuilt sendiri untuk Windows, jadi pengguna tidak harus mencari codec yang lainnya.

KMPlayer dibekali dengan dukungan kompatibilitasnya yang lebih jauh dan lebih baik, bisa menambahkan codec eksternal. Pada dukungan untuk video 3D, 4K, UHD, user bisa menikmati video kualitas tinggi di perangkat mereka.

Fitur dan dukungan sangat banyak sekali.

Seperti dapat menggunakan semua fungsi yang diperlukan seperti pemutaran video, terjemahan, layar, dan pemutaran 3D.

Menariknya bisa juga mendapatkan fitur mengedit subtitle tepat di dalam pemutar.

Software ini dirilis pertama kali pada tahun 2002, yang kemudian KMPlayer diakuisisi oleh perusahaan streaming Korea Pandora TV pada tahun 2007.

Jika melihat pada situsnya akan ditampilkan dengan Bahasa Korea, namun bisa diganti ke bahasa English sehingga pengguna umum bisa membacanya.

3. VLC Media Player

VLC Media Player
VLC Media Player

VLC Media Player adalah media player (pemutar video / audio) gratis dan open-source yang tersedia untuk semua platform sistem operasi populer.

Dibuat oleh proyek VideoLAN, VLC Media Player dikenal dalam mendukung sejumlah besar metode kompresi dan format file audio dan video.

Selama bertahun-tahun, VLC telah mendapatkan reputasi sebagai pemutar video yang dapat memainkan segalanya.

Ini adalah pemutar media desktop terbaik karena sifatnya yang ringan, sederhana, dan tidak memberikan lag ketika dibuka.

Software ini juga memberikan tampilan berbagai opsi penyesuaian yang dapat membantu dalam meningkatkan pengalaman menonton dan mengubah tampilan UI.

Perangkat lunak ini juga sering digunakan sebagai pemutar media streaming untuk mengambil video dari situs populer seperti YouTube, Dailymotion, Vimeo.

4. PotPlayer

PotPlayer
PotPlayer

PotPlayer tidak kalah menariknya, pemutar video untuk PC ini dikembangkan oleh perusahaan internet Korea Selatan bernama Kakao.

Muncul dengan berbagai opsi penyesuaian yang memungkinkan untuk mempersonalisasi perangkat lunak.

Menggunakan teknik seperti CUDA, QuickSync, dan DXVA, PotPlayer dapat memberikan kinerja maksimal dan pengalaman ringan.

Dibandingkan dengan VLC, PotPlayer tidak cukup populer, namun dukungan yang diberikan lebih banyak dan dapat memutar berbagai jenis file.

Disini tersedia opsi untuk memilih antara kartu suara, membookmark adegan favorit dan mempratinjaunya, serta lebih banyak lagi.

5. ACG Player

ACG Player
ACG Player

Ini adalah aplikasi pemutar media UWP untuk Windows 10 yang memiliki tampilan bersih.

Ini peringkat di antara aplikasi pemutar video terbaik karena sifatnya yang ringan.

ACG Player mempunyai banyak fitur penting, seperti efek audio dan video, visualizer musik, seni subtitle font, kontrol gerakan, background musik, dll. ACG Player sudah didukung dengan sebagian besar codec media.

Software tersebut juga mendukung pemutaran dari perangkat eksternal, file, dan disk.

Versi ACG Player yang lebih ringan dapat di diunduh dalam bentuk Ax-Lite, yang sebenarnya versi lebih cepat tanpa dukungan beberapa fitur dari aslinya.

6. GOM Player

GOM Player
GOM Player

GOM Player, atau Gretech Online Movie Player, merupakan pemutar windows media player gratis dan ringan terkenal sejak dahulu. Memiliki dukungan bawaan untuk format video dan audio paling populer.

Itu berarti bisa memutar hampir semua format video paling populer seperti MP4, FLV, MOV, AVI, MKV, dll.

Perangkat lunak tersebut mempunyai semua fungsi dasar yang dimuat pada pemutar media PC populer lainnya.

Tetapi GOM Player rilis dengan banyak fitur menarik seperti pengulangan A-B, screenshot Media Player, efek audio / video, kontrol kecepatan, tangkapan layar, dll.

Software ini juga memberikan pilihan untuk mengubah desain UI dan membuat seluruh tampilan GOM Player sangat dikustomisasi.

Memiliki perpustakaan GOM sendiri, dapat mengunduh banyak subtitle untuk menikmati film dan acara TV dalam bahasa pilihan.

GOM Player untuk Windows mendukung operasi lawas hingga terbaru, mulai dari Windows XP SP3 hingga Windows 10.

7. 5KPlayer

5KPlayer
5KPlayer

5KPlayer adalah pemutar video Windows lain yang layak disebutkan dalam daftar.

Seperti namanya, ini adalah pemutar video berperingkat teratas untuk Windows 10 karena sangat kompatibel dengan berbagai codec dan format video.

Ia mengklaim dapat memutar hampir semua jenis video dan musik tanpa plug-in, dan itu benar-benar mengagumkan

Antarmuka (Design UI) pengguna 5KPlayer sangat bersih dan sederhana.

Mungkin tidak banyak orang yang kenal dengan video player yang satu ini. Tetapi performa ketika digunakan tidak kalah menarik, ringan, dan tampilan bersih dari yang lainnya.

8. DivX player

DivX player
DivX player

DivX Player mengatakan dirinya yang pertama kali dari jenis media player yang menawarkan pemutaran HEVC gratis.

Seperti pada umumnya DivX dioptimalkan untuk memutar file video dalam format paling populer seperti MP4, MKV, DivX, dan AVI.

Selain itu untuk dukungan fitur pengguna juga dapat menikmati pemutaran UltraHD (4K).

DivX juga bertindak sebagai pemutar media streaming yang memungkinkan dapat memainkan musik, video, dan foto ke perangkat DLNA yang kompatibel.

Selain itu, pemutar DivX hadir dengan fitur-fitur canggih seperti Trick Play, yang memungkinkan untuk bisa melompat ke playlist favorite dengan mudah.

Related Articles

Leave a Comment