close

10 Cara Agar HP tidak Cepat Panas dan Boros Baterai

Cara agar HP tidak cepat panas dan boros ketika digunakan untuk gaming, nonton streaming, browsing, dan kegiatan lainnya dapat melakukan tips seperti mematikan aplikasi yang tidak digunakan atau menghapus aplikasi yang tidak pernah dipakai.

Cara menghemat baterai HP yang boros dan cepat panas memang menjadi salah satu hal yang banyak dicari. Saat ini penggunaan ponsel (HP) untuk keperluan gaming juga semakin ramai. Mulai dari main Mobile Legend, Free Fire, PUBG Mobile, dan game yang lainnya.

Semakin besar kapasitas baterai akan semakin hemat pula. Kapasitas baterai Android saat ini rata-rata 4000 mAh dan bahkan ada yang lebih dari 5000 mAh.

Ponsel Android masa kini memang memiliki layar besar dan cerah serta fitur canggih yang menyedot banyak daya. Untuk itulah supaya baterai awet kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut ini.

Cara Agar HP tidak Cepat Panas dan Boros Beterai

Cara agar hp tidak cepat panas dan boros baterai

1. Nyalakan Mode Hemat Daya

Nyalakan Mode Hemat Daya

Alihkan ponsel ke mode hemat daya, yang secara otomatis mengurangi fungsi yang dapat menghabiskan masa pakai baterai.

Sebagian besar ponsel menawarkan lebih dari satu opsi, tetapi ponsel Samsung yang menjalankan Android 10 akan memiliki empat opsi berbeda. 

Performa tinggi menghabiskan lebih banyak baterai dengan meningkatkan kecerahan dan resolusi layar dan Optimized menjaga keseimbangan antara performa dan masa pakai baterai.

Mengaktifkan mode Penghematan daya maksimum akan menonaktifkan perangkat hanya ke aplikasi dan layanan penting yang kamu gunakan.

2. Gunakan Dark Mode di HP

Gunakan Dark Mode di HP

Beberapa orang menyarankan untuk menggunakan Dark Mode karena bagus di mata. Sebagian besar ponsel lawas menggunakan LCD tetapi ponsel andalan seperti OnePlus, Samsung, dan Google telah beralih menggunakan teknologi tampilan yang lebih baru yaitu AMOLED / OLED.

Jika kamu menggunakan ponsel dengan layar OLED atau AMOLED, dengan Dark mode berarti ponsel tersebut akan benar-benar mematikan piksel yang menampilkan warna hitam, jadi kamu akan menghemat baterai saat semua panel putih terang sekarang menjadi gelap. Menurut iFixit , kamu dapat menghemat daya baterai hingga satu jam dengan mengaktifkan mode gelap.

3. Menurunkan Kecerahan Layar

Layar Terlalu Terang

Layar smartphone akhir-akhir ini sangat hebat, tetapi tidak mengherankan jika resolusi yang tajam dan piksel yang melimpah adalah masalah baterai. Kamu mungkin tidak memerlukan perangkat dalam mode pengaturan tertinggi. Masuk ke pengaturan tampilan ponsel dan turunkan kecerahan di layar; mata dan baterai kamu akan berterima kasih.

Kamu juga harus mempertimbangkan untuk menonaktifkan fitur kecerahan otomatis, lebih bagus lagi jika mengaturnya secara manual yang membuat mata tidak sakit ketika tiba-tiba layar menjadi cerah. Sesuaikan kebutuhan yang kamu rasakan karena mode otomatis dapat membuat layar cerah lebih tinggi daripada seharusnya.

4. Hapus atau Nonaktifkan Aplikasi

Developer berusaha keras untuk mematikan aplikasi berjalan seefisien mungkin, tetapi banyak yang akan terus berjalan di latar belakang bahkan saat kamu tidak menggunakannya. Ini tentu saja akan menghabiskan kuota data dan masa pakai baterai.

Kamu dapat menidurkan aplikasi tersebut di opsi App Power Management di bagian perawatan perangkat di ponsel kamu.

Ingatlah bahwa aplikasi sleeping dan deep sleeping tidak akan menerima pembaruan kecuali sedang digunakan, jadi kamu mungkin perlu memperbarui secara manual.

Sementara itu, perhatikan aplikasi yang didukung iklan yang tampaknya menghabiskan baterai. Beberapa iklan dapat membajak iklan dalam aplikasi untuk menjalankan video di latar belakang. Kamu tidak akan benar-benar melihat video ini, tetapi video tersebut akan didaftarkan sebagai sandiwara bagi pengiklan, yang berarti video tersebut menipu untuk membayar karena baterai kamu cepat habis.

5. Gunakan Wallpaper dan Widget Seperlunya

Jauhi wallpaper bergerak, karena membutuhkan energi untuk tampilan dalam menganimasikannya. Ini juga merupakan ide yang baik untuk membatasi diri ke latar belakang dengan warna yang lebih sedikit di dalamnya, karena tampilan akan memakan lebih banyak energi jika perlu membuat banyak warna berbeda. Sekali lagi, jika kamu memiliki layar OLED, hitam lebih baik.

Meskipun widget menggoda dan nyaman, pada dasarnya widget adalah program aktif yang dapat digunakan langsung dari layar beranda kamu, jadi ponsel menggunakan energi untuk menjaga fitur tetap berjalan. Katakan tidak pada widget yang terlalu banyak di ponsel kamu sehingga baterai lebih awet.

6. Istirahatkan Pelacakan Aktif

Fitur seperti Bluetooth, NFC, atau konektivitas ponsel yang lainnya sangat membantu tetapi menguras daya baterai saat ponsel kamu melakukan ping untuk menyambungkan dan memperbarui. Jika kamu ingin baterai lebih hemat, matikan sampai kamu benar-benar memerlukannya.

Program asisten Google bisa juga kamu nonaktifkan karena mungkin kamu tidak perlu setiap saat. Jika kamu mengaktifkan dan menjalankan Asisten Google, masuk ke pengaturan Asisten dan matikan, ini secara efisien dapat memaksimalkan masa pakai baterai, menghentikan Asisten Google dari mendengarkan secara aktif.

7. Perhatikan Data Jaringan

Data jaringan yang selalu ON dapat menguras baterai, jadi gunakan wifi bila itu memungkinkan. Entah kenapa memang menggunakan jaringan data dapat mempercepat masa pakai baterai.

Kamu bisa mengaktifkan Mode Pesawat untuk menonaktifkan fitur jaringan data dan mengaktifkan Wi-Fi, tetapi ini akan membuat kamu tidak dapat menari panggilan masuk dan SMS.

8. Pantau Aplikasi yang Bermasalah

Masa pakai baterai bisa sangat boros jika aplikasi yang terinstal tidak berfungsi dengan semestinya. Ini bisa disebabkan oleh apa saja, mulai dari bug hingga fitur latar belakang agresif yang disengaja. Kamu dapat memeriksa ini dengan masuk ke Pengaturan> Baterai> Menu> Penggunaan Baterai untuk melihat aplikasi mana yang paling banyak menghabiskannya.

Jika ada aplikasi yang tidak terlalu sering kamu gunakan, kamu harus mencopot pemasangannya dan memantau baterai selama satu hari untuk melihat apakah itu membaik. Kamu juga dapat menutup paksa aplikasi dan mencobanya lagi. Jika tidak ada yang terbukti bermanfaat, singkirkan dan beralih ke alternatif. Dan pastikan kamu tidak memiliki salah satu aplikasi pembunuh baterai Android terburuk di ponsel kamu.

9. Mematikan Wi-Fi Otomatis

Sejak pembaruan Oreo, Android hadir dengan fitur yang terus mencari jaringan Wi-Fi terbuka bahkan ketika kamu menonaktifkan Wi-Fi. Untuk mematikannya, buka Pengaturan > Jaringan & internet > Wi-Fi. Di bawah preferensi Wi-Fi, hapus centang pada opsi Aktifkan Wi-Fi secara otomatis.

10. Kendalikan Lokasi (GPS)

Cara paling efisien untuk meningkatkan masa pakai baterai ponsel adalah dengan mematikan fungsi GPS. Namun pada kenyataannya, itu biasanya tidak praktis. Oleh karena itu, kami menyarankan untuk mengontrol bagaimana ponsel dan aplikasi kamu menggunakan lokasi.

Buka Pengaturan> Keamanan & lokasi> Lokasi untuk mengaktifkan opsi ini. Jika kamu menggunakan Android Pie, kamu harus mengubah opsi yang berbeda. Kunjungi Pengaturan > Keamanan & lokasi > Lokasi > Lanjutan > Pemindaian dan kamu dapat menonaktifkan pemindaian Wi-Fi dan pemindaian Bluetooth.

Bonus: Beli Powerbank

Jika cara menghemat baterai diatas kurang efektif buat kamu yang suka main Mobile Legend, alternatifnya kamu bisa membeli Powerbank sehingga kamu tidak kehabisan stok baterai.

Ada banyak sekali merk Powerbank yang bagus yang sesuai dengan ponsel kamu. Untuk harga kurang lebih 300 ribuan sudah dapat kualitas bagus.

Intinya

Jika kamu merasa pemakaian baterai ponsel cepat habis, kemungkinan terbesar karena ada aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang. Ini biasanya ditandai dengan tiba-tiba ponsel panas. Untuk itu jika kamu ingin ponsel kembali sehat bisa melakukan format factory.

Leave a Comment