Home Windows 10 Perbedaan Windows 10 Home dan Pro, Mana yang Terbaik?

Perbedaan Windows 10 Home dan Pro, Mana yang Terbaik?

by

Windows 10 home dan pro menjadi salah satu pertimbangan user ketika ingin menggunakan OS. Memang ada perbedaaan dimana fitur yang tersedia antar versi berbeda.

Windows 10 yang sekarang menjadi OS populer dari Microsoft sangat diminati oleh pengguna di seluruh dunia. Meskipun berbayar kebanyakan orang memilih menggunakan OS Windows dibandingkan OS Linux, karena Linux membutuhkan skill untuk mengoperasikan command.

Sebenarnya apa sih perbedaan windows 10 home dan pro? Dan mana yang terbaik diantara keduanya?

Simak ulasan yang membedakan antara Windows 10 Home dan Pro.

Perbedaan Windows 10 Pro dan Home

Secara singkat perbedaan antara keduanya berada pada keamanan sistem operasi. Windows 10 Pro lebih aman dalam urusan melindungi komputer dan data. Selain itu, di dalam OS Windows 10 Pro tersedia fitur yang berguna seperti remote desktop server yang berguna untuk terhubung antara PC dengan jarak jauh.

Tabel perbedaan Windows 10 Pro dan Home:

Windows 10 ProWindows 10 Home
Windows start menuYaYa
CortanaYaYa
Windows InkYaYa
Windows Store AppsYaYa
Windows HelloYaYa
Programs outside the Windows StoreYaYa
Hyper-VYaNo
BitLockerYaNo
Remote DesktopYaNo
Assigned AccessYaNo
Microsoft Update for BusinessYaNo
Windows 10 Home vs Pro

Pada tabel tersebut terlihat bahwa apa yang ada di Windows 10 Pro tidak dimiliki oleh fitur Windows 10 Home. Rincian fitur yang menjadi daya tarik kenapa banyak orang memilih Windows 10 Pro adalah sebagai berikut.

Remote Desktop Protocol

Sebenarnya dengan Windows 10 Home, kamu masih bisa menjalankan Remote Desktop Protocol (RDP), tetapi kamu tidak dapat mengendalikan PC dari device yang lain didalam jaringan kamu secara native. Namun ada banyak sekali software yang membantu agar tetap bisa mengontrol sebuah komputer dari jarak jauh dengan menggunakan TigerVNC dan TeamViewer.

Bitlocker

Ketika keamanan menjadi salah satu prioritas dalam memiliki komputer maka antivirus yang akan membantu dalam penyelesaian. Bitlocker menyediakan enkripsi disk penuh sehingga kamu dapat menyimpan data dengan aman dari peretas.

Iterasi terbaru dari Bitlocker juga memungkinkan enkripsi file individual untuk fleksibilitas dibandingkan pendekatan ke semua atau tidak sama sekali dari versi sebelumnya.

Sekali lagi, perangkat lunak lain dapat mencapai enkripsi serupa, tetapi tidak dibangun ke dalam OS. Pastikan untuk mendapatkan SSD (atau bahkan HDD) yang mendukung akselerasi perangkat keras yang diperlukan untuk Bitlocker jika kamu tidak ingin kehilangan kinerja pada komputer.

Hyper-V

Hyper-V adalah hypervisor khusus di Windows yang digunakan untuk menjalankan mesin virtual pada CPU yang mendukung virtualisasi. Jika kamu berencana menjalankan VM (virtual mesin), fitur ini mungkin sebanding dengan biaya Pro, tetapi jika hanya virtualisasi yang kamu butuhkan, ada produk gratis seperti Virtualbox yang menawarkan lebih banyak fitur dan bekerja dengan banyak sistem operasi. Walaupun Hyper-V disertakan dengan lisensi Windows 10 Pro, itu perlu diunduh dan diinstal secara terpisah.

Batas Memori dan Fitur Bisnis

Selain fitur-fitur di atas, ada beberapa perbedaan lain antara kedua versi Windows tersebut. Windows 10 Home mendukung RAM maksimal 128GB, sedangkan Pro mendukung 2TB yang lebih baik dibandingkan dengan Home. Ya, meskipun ini tidak terlalu penting jika memiliki batas memori, kecuali kamu memilih menjalankan virtual mesin yang banyak tentu harus pilih yang Pro.

Pembaruan Windows untuk Bisnis memungkinkan admin untuk mengontrol kapan sistem diperbarui dan menunda pembaruan yang dapat menyebabkan ketidaksesuaian dengan perangkat lunak lawas atau memengaruhi bisnis dengan cara lain.

Assigned Access

Fitur lain seperti manajemen kebijakan grup, Assigned Access, dan kemampuan untuk bergabung dengan domain lain yang memang tidak akan sangat berguna di luar tempat kerja.

Assigned Access memungkinkan admin mengunci Windows dan mengizinkan akses hanya ke satu aplikasi dibawah akun pengguna tertentu.

Untuk sebagian besar pengguna, edisi Windows 10 Home sudah cukup. Jika kamu menggunakan PC hanya untuk bermain game, tidak ada manfaatnya untuk meningkatkan ke Pro. Fungsionalitas tambahan dari versi Pro sangat difokuskan pada bisnis dan keamanan, bahkan untuk pengguna yang mahir. Dengan alternatif gratis yang tersedia untuk banyak fitur ini, edisi Home kemungkinan besar sudah menyediakan semua yang kamu butuhkan.

Related Articles

Leave a Comment